6 Bintang Eropa Putuskan Pensiun, Siapa Menyusul?


6 Bintang Eropa Putuskan Pensiun, Siapa Menyusul?
Beckham, Carragher, Owen, Scholes, Metzelder dan Van Bommel

Jakarta : Musim kompetisi 2012/2013 dipastikan menjadi ajang perpisahan bagi beberapa bintang terkenal di dunia sepakbola. Baru saja manajer Manchester United Sir Alex Ferguson menyatakan pensiun. Fergie selama lebih dari 26 tahun kariernya menjadi arsitek MU dan sukses meraih 13 gelar jawara yang nyaris sulit dicarikan tandingannya.

Setelah sang maestro Sir Alex Ferguson, kini dunia sepakbola juga harus merelakan enam pemain bintang meninggalkan ingar-bingar pesta di lapangan hijau. David Beckham, Jamie Carragher, Michael Owen, Paul Scholes, Cristoph Metzelder, dan Mark Van Bommel memutuskan pensiun dan menggantung sepatu. Dunia tahu mereka adalah para bintang yang berjaya sejak awal tahun 2000-an.

David Beckham (Paris Saint-Germain)
Usai sudah petualangan David Robert Joseph Beckham di lapangan hijau. Setelah ikut mengantarkan gelar juara Ligue 1 bagi Paris Saint Germain musim ini, bintang sepakbola asal Inggris itu memilih untuk gantung sepatu alias pensiun.

Beckham memutuskan pensiun, Kamis (16/5/2013). Faktor usia yang sudah menginjak angka 38 tahun menjadi alasan utama mengapa dirinya mundur dari lapangan hijau. Meski ditawari kontrak baru oleh PSG, Beckham tetap menolak. Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menutup buku catatan perjalanan kariernya sebagai pemainsepakbola.

Sebelum di PSG, Beckham sempat memperkuat beberapa klub terbaik dunia. Dimulai saat ia menjadi bagian dari Manchester United antara tahun 1992 sampai 2003. Kemudian ayah dari empat anak itu hijrah ke Real Madrid dan menetap di El Real hingga musim panas 2007.

Setelah itu Beckham mencoba peruntungan dengan bermain di Amerika Serikat bersama LA Galaxy. Saat di AS, dirinya sempat dipinjamkan ke klub raksasa Italia, AC Milan pada pertengahan musim 2009 dan 2010. Hingga akhirnya Januari 2013 lalu, Beckham mendarat di Paris bergabung dengan klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer.

Jamie Carragher (Liverpool)
Bicara pemain loyal, mungkin Jamie Carragher orangnya. Lihat saja catatan karier sang pemain yang memilih untuk tetap bertahan di Liverpool ini. Sejak 1992 silam hingga akhir musim ini, Jamie terlihat gagah mengenakan seragam merah kebesaran publik The Anfield Gank.

Kini, Carragher memutuskan pensiun sebagai pemain. Selain karena usia yang sudah menginjak 35 tahun, dirinya juga ingin mengalah dan memberikan banyak kesempatan pada para pemain muda. Kendati demikian, Carragher tak serta-merta meninggalkan dunia yang membesarkan namanya itu. Kabar terakhir menyebutkan Jamie akan menjadi komentator sepakbola untuk salah satu stasiun televisi swasta Inggris.

Michael Owen (Stoke City)
Bersama Carragher, Michael Owen memulai karier di skuat junior Liverpool. Lalu pada 1996, dirinya dipercaya masuk ke dalam jajaran pemain senior tim berjuluk The Reds tersebut. Owen pun sukses menorehkan tinta emas di Liverpool.

Namun penyerang bertubuh mungil ini tampaknya tak seloyal seperti Carragher. Pada Agustus 2004 silam, Owen memutuskan pindah ke Real Madrid. Sayang, kariernya justru anjlok di El Real. Ia akhirnya dibuang ke Newcastle United setahun kemudian.

Owen yang menjadi langganan cedera itu membuat dirinya tak bisa bermain stabil di beberapa musim. Namun ia masih sempat memperkuat tim sebesar Manchester United pada 2009 lalu. Namun lagi-lagi, kariernya meredup dan lebih sering duduk manis di bangku cadangan. Faktor cedera masih sering menjadi penghambat kemajuan Owen.

September 2012, Owen memutuskan hengkang ke Stoke City. Ia berharap bisa mendapat banyak kesempatan turun ke lapangan. Namun kenyataan tak sesuai dengan yang diharapkannya. Di usianya yang sudah menyentuh angka 33 tahun, Owen hanya mampu tampil delapan kali di musim ini. Karenanya, ia merasa frustrasi dan akhirnya memutuskan pesiun akhir Maret lalu.

Paul Scholes (Manchester United)
Sosok pemain senior yang dihormati di Manchester United ini sempat menyatakan pensiun di awal musim ini. Tapi entah kenapa, kemudian ia menganulir keputusannya tersebut. Paul Scholes pun kembali menyatakan dirinya mundur alias pensiun dari MU. Pernyataan Scholes nyaris berbarengan dengan sang manajer Sir Alex Ferguson.

Scholes juga merupakan pemain yang loyal untuk klubnya. Sejak 1992 lalu, ia tak pernah pindah ke pangkuan klub lain. Bersama Ryan Giggs dan Gary Neville, Scholes sudah dianggap sebagai legenda hidup publik Old Trafford. Kini, Scholes sudah berusia 38 tahun. Bersama MU, dirinya sukses merebut beberapa gelar bergengsi termasuk treble winners 1999 lalu.

Cristoph Metzelder (Schalke 04)
Mantan bek Real Madrid, Crsitoph Metzelder menambah panjang deretan pemain-pemain bintang yang pensiun di musim ini. Meski baru berusia 32 tahun, dirinya tetap ngotot untuk gantung sepatu. Masalah cedera menjadikan Metzelder harus tutup buku lebih cepat. Ia dilaporkan bakal mengurus yayasan anak-anak kurang mampu yang dimilikinya.

Metzelder mulai dikenal publik saat memperkuat Borussia Dortmund. Sejak tahun 2000 sampai 2007, dirinya menjadi benteng kokoh Die Borussen. Namun pada musim panas 2007, Metzelder pindah ke Real Madrid dan tiga tahun berikutnya ia memilih pulang kampung ke Jerman untuk bergabung dengan Schalke 04.

Mark Van Bommel (PSV Eindhoven)
Ada yang unik di laga terakhir Mark Van Bommel. Saat membela PSV Eindhoven menghadapi FC Twente, 12 Mei 2013 lalu, dirinya justru dihadiahi kartu merah. Alhasil, PSV harus menyerah 1-3.

Kendati demikian, Van Bommel tetap dianggap pahlawan oleh masyarakat Belanda. Sebab, dirinya pernah menjabat sebagai kapten Tim Oranye. Tak hanya itu, pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut juga sukses memperkuat klub-klub besar dunia semacam Barcelona, Bayern Muenchen, dan AC Milan.

Alasan usia menjadi pertimbangan dasar mengapa Van Bommel memutuskan untuk pensiun musim ini. Selepas meletakkan jabatannya, Van Bommel rumornya akan dijadikan sebagai pelatih tim senior Milan musim depan.

source : dari berbagai sumber

Related Posts

Post a Comment