8 Lagu Musisi Indonesia Yang Dinyanyikan Musisi Dunia

1 comment
8 Lagu Musisi Indonesia Yang Dinyanyikan Musisi Dunia

Udah biasa gak sih kalau band atau musisi Indonesia cover lagu-lagu luar negeri? Tapi bagaimana kalau musisi luar negeri yang nyanyi lagu-lagu asli Indonesia?
Gak percaya? Ada kok. Beberapa lagu hits Indonesia dinyanyikan ulang oleh musisi di luar negeri. Ada yang diaransemen ulang, diganti lirik, atau bahkan tanpa mengubah apapun.

Udah pada gak sabar ya? Ya udah yok kita langsung selancar ke halaman berikut!


1. 'Cari Jodoh' - Wali

Lagu pop yang sedikit dangdut milik band Wali ini juga terngiang hingga ke negeri Malta. Lagu ciptaan Apoy ini dinyanyikan kembali oleh Fabrizio Faniello yang pernah mewakili negaranya pada Eurovision Song Contest tahun 2001 dan 2006.

Lagu Cari Jodoh milik Wali diubah menjadi I No I Can Do oleh versi Fabrizio. Awalnya Fabrizio dikira sebagai plagiat lagu Wali, namun ternyata Fabrizio telah membayar hak cipta kepada Faank dan kawan-kawan.




2. 'Sephia' - Sheila On 7

Selanjutnya ada lagu dari band yang ngetop di era 90-an, Sheila On 7. Lagu Sephia yang sangat meledak saat itu juga dicover oleh musisi luar negeri. Dia adalah Qi Qin, penyanyi terkenal dari Taiwan.

Lagu ciptaan Eros tersebut diganti judul menjadi Sophia. Tak hanya judul, seluruh lirik dalam lagu tersebut juga diubah. Mungkin agar lebih diterima di negaranya ya.




3. 'Tak Bisakah' & 'Di Belakangku' - Peterpan

Kalau yang ini lagu dari band yang sekarang telah berganti nama menjadi Noah. Tak tanggung-tanggung, dua lagu mereka berhasil menarik perhatian musisi mancanegara untuk menyanyikannya ulang.

Lagu tersebut adalah Tak Bisakah dan Di Belakangku. Dua lagu tersebut masuk menjadi soundtrack film India WOH LAHME. Begitu pula dengan judul dan lirik yang diganti ke dalam bahasa India. Untuk judul sendiri diubah menjadi Kya Mujhe Pyaar Hai dan Aao Milo Chalo.






4. 'Sempurna' Andra And The Backbone

Tak hanya dinyanyikan ulang Gita Gutawa, lagu Sempurna milik band Andra & The Backbone juga dinyanyikan oleh penyanyi luar negeri. Penyanyi asal Korea, Nicholas Teo meminta lagu milik Andra tersebut dinyanyikan ulang olehnya dan masuk dalam album Teo berjudul THE MOMENT OF SILENCE.

Lagu itupun kemudian diubah Andra ke dalam bahasa Korea untuk memenuhi permintaan Teo. Beberapa waktu lalu santer dikabarkan bahwa lagu Sempurna ini juga dinyanyikan oleh grup band Jepang Shiroi Iro Wa Koibito No Iro.




5. 'Hingga Akhir Waktu' - Nineball

Karya anak negeri lain yang dibeli oleh musisi luar adalah lagu Hingga Akhir Waktu milik band Nineball. Lagu andalan band asal Bandung ini kembali dipopulerkan oleh penyanyi asal negeri Filipina, Christian Bautista.

Judul lagu ini hanya diganti dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris, Till The End Of Time. Untuk Christian Bautista sendiri memang sudah tidak asing lagi di dunia musik Indonesia. Ia juga pernah berduet dengan Bunga Citra Lestari.






6. 'Bengawan Solo' - Gesang

Setelah sebelumnya lagu-lagu Indonesia yang dinyanyikan ulang adalah lagu pop, kali ini musik keroncong. Mana lagi kalau bukan lagu Bengawan Solo yang melegenda karya sang maestro Gesang. Ternyata lagu ini cukup populer di mancanegara.

Lagu yang diciptakan di tahun 1940 ini telah dialihbahasakan ke versi bahasa Inggris dan dibawakan oleh Mona Fong, penyanyi kelahiran Cina. Setidaknya lagu ini juga telah diterjemahkan dalam 13 bahasa. Luar biasa.





7. 'Nina Bobo'

 Lagu pengantar tidur ini ternyata juga telah dinyanyikan oleh beberapa penyanyi asing seperti Anneke Gronloh, Wieteke van Dort, Li Xiao Mei dan yang terbaru adalah Claudia Patacca dan Gerrit Ellen dalam sebuah orkestra di Belanda.

Uniknya lagu Nina Bobo yang dicover tersebut tidak diterjemahkan. Sayangnya hingga saat ini siapa pengarang lagu Nina Bobo masih belum diketahui.




8. 'Bersandar' - White Shoes & The Couples Company

Yang terakhir adalah lagu milik White Shoes & The Couples Company, Bersandar. Lagu ini dinyanyikan oleh Kings Of Convenience. Tidak seperti yang lainnya, lagu ini dibawakan saat Kings Of Convenience manggung di Jakarta. Dan kebetulan yang menjadi band opening adalah White Shoes & The Couples Company.






source : KapanLagi.com

Related Posts

1 comment

  1. Untuk meluruskan yg nomer 4 yah..
    "Beberapa waktu lalu santer dikabarkan bahwa lagu Sempurna ini juga dinyanyikan oleh grup band Jepang Shiroi Iro Wa Koibito No Iro"

    Lagu Shiroi Iro Wa Koibito No Iro itu lagu Jepang jadul 60's..Dinyanyikan sejak tahun 1960an oleh betsy & Chris. Dan kemudian dipopulerkan kembali oleh idol group "W".

    Jadi Ga bener sih kalau dibilang sempurna yg dinyayikan/dicover oleh grup band Jepang toh itu lagu udah ada dr jaman 1960an. Makasih.

    ReplyDelete

Post a Comment