Akhirnya Jasad Pelaku Bom Boston Diambil

Akhirnya Jasad Pelaku Bom Boston Diambil
Boston : Jenazah terduga bomber Boston Marathon, Tamerlan Tsarnaev akhirnya diambil Kamis sore, dijemput perwakilan sebuah rumah duka. Demikian menurut Terrel Harris, juru bicara Chief Medical Examiner perwakilan Massachusetts, seperti dimuat CNN, Jumat (3/5/2013).

Namun, Harris menolak untuk mengungkap secara detil siapa yang mengklaim jasad Tamerlan, atau pihak rumah duka mana yang menjemputnya. 

Sementara, penyebab pasti kematian Tamerlan tak akan dirilis sampai sertifikat kematian dikeluarkan pihak pemerintah Boston, paling awal Jumat pagi waktu setempat. 

Yang pasti, benda yang mungkin jadi kunci dalam kasus pemboman kini ada di tangan pejabat federal. Yakni komputer jinjing atau laptop milik adik Tamerlan, Dzhokhar Tsarnaev. 

Komputer tersebut diserahkan pada penyidik oleh seorang rekan Dzhorkhar yang dituduh menghalang-halangi proses hukum. "Klien kami menyerahkan laptop itu pada FBI," kata pengacara Dias Kadyrbayev kepada CNN

Sebelumnya, 3 orang tewas dan lebih dari 260 orang terluka akibat dua bom panci presto meledak di lokasi terpisah dekat garis finis ajang Boston Marathon. 

Tamerlan tewas 19 April lalu, dalam baku tembak yang juga menewaskan seorang petugas keamanan MIT. Kini, empat orang terancam pidana terkait kasus ini, termasuk Dzhokhar Tsarnaev.

Sementara, Azamat Tazhayakov dan Kadyrbayev didakwa bersekongkol untuk membuang barang-barang yang berpotensi memberatkan Dzhokhar dari kamar asrama, termasuk wadah kosong kembang api. Robel Phillipos didakwa membuat pernyataan palsu kepada penyidik.

Dzhokhar, yang menderita luka tembak pada kepala, leher, kaki dan tangan saat ini ditahan di fasilitas tahanan medis di Devens, Massachusetts. Dia dituduh menggunakan senjata pemusnah massal dan bisa divonis hukuman mati jika terbukti bersalah.

Elin Yunita Kristanti/liputan6.com

Related Posts

Post a Comment