Gitar John Lennon Laku Rp 3,9 Miliar

Gitar John Lennon Laku Rp 3,9 Miliar
Martin Nolan, direktur eksekutif Badan Lelang Julien memegang gitar Vox yang pernah dimainkan oleh John Lennon dan George Harrison. Gitar tersebut dilelang di New York dan laku Rp 3,9 Miliar. deccanchronicle.com

London:Satu gitar yang pernah dimainkan oleh dua anggota grup band legendaris The Beatles, John Lennon dan George Harrison, laku terjual seharga US$ 408 ribu atau sekitar Rp 3,9 miliar dalam sebuah pelelangan di New York, Amerika.

Gitar yang diproduksi pada 1966 oleh VOX company ini laku dibeli oleh seorang pembeli misterius dari Amerika. Juru bicara dari Julien's Auctions, seperti dikutip situs BBC edisi 19 Mei 2013, mengatakan bahwa harga jual gitar itu jauh melampaui harga yang diperkirakan yang berkisar antara US$ 200 ribu - US$ 300 ribu.

Harrison memainkan lagu I Am The Walrus dengan gitar itu pada sebuah adegan dari "Magical Mystery Tour" pada 1967 sedangkan Lennon memainkan gitar ini dalam sebuah video untuk Hello, Goodbye setahun berikutnya.

Setelah dimainkan oleh Lennon, gitar tersebut kemudian diberikan kepada Alexis 'Magic Alex' Mardas sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-25. Mardas adalah anggota lingkungan dalam The Beatles di sekitar tahun 1960-an. Tulisan di bagian belakang gitar itu tertulis 'To Magic Alex/ Alexi thank you/ for been [sic] a friend/ 2-5-1967 John." Mardas menjual gitar ini pada 2004 lalu.

Gitar VOX adalah prototipe instrumen yang dibuat khusus untuk Lennon pada 1966, ungkap Martin Nolan, executive director dari Julien's. Alat musik ini dipajang beberapa minggu sebelum dijual di sebuah museum di Irlandia.

Beberapa tahun silam gitar ini dijual oleh Rumah Lelang Christie's  dengan harga sedikit di atas US$ 100 ribu. Nolan mengatakan bahwa pembeli terbaru, yang mengirimkan perwakilannya pada pelelangan hari Sabtu akhir pekan lalu, memenangkan lelang tersebut dan minta namanya dirahasiakan.

source : tempo.co

Related Posts

Post a Comment