Inilah Sepatu Anti Pemerkosaan Karya Anak Indonesia

ilustrasi wedges (c) shutterstock

 Banyaknya kasus pemerkosaan membuat Hibar Syahrul Gafur, 14 tahun, seorang siswa SMPN 1 Bogor membuat sebuah inovasi baru, yaitu sepatu yang dapat melindungi pemakainya dari kekerasan seksual atau pemerkosaan. Yang membanggakan, karya anak bangsa ini mendapat penghargaan di Malaysia.


Inilah Sepatu Anti Pemerkosaan Karya Anak Indonesia


Hibar Syahrul Gafur (c) merdeka.com

Dilansir Merdeka.com, pemuda cerdas ini menciptakan sebuah sepatu antikekerasan seksual. Jika dilihat, sepatu ini tidak berbeda dengan sepatu wanita tipe wedges. Di dalam hak tebal sepatu, ada rangkaian listrik yang dirancang khusus. Jika wanita merasa dalam bahaya, dia tinggal menginjak tombol yang ada di bagian belakang sepatu.

"Listrik ini bertenaga 450 watt. Tinggal tendang ke arah si pelaku kekerasan seksual, secara otomatis tegangan listrik akan menyerang pelaku" jelas Hibar.


Inilah Sepatu Anti Pemerkosaan Karya Anak Indonesia

Sepatu antikekerasan seksual (c) merdeka.com

Tidak tanggung-tanggung, inovasi baru yang dikerjakan bersama sang guru mendapat penghargaan di Malaysia. Walaupun awalnya sempat diremehkan bahwa dihina oleh beberapa warga Malaysia, sepatu antikekerasan seksual yang diciptakan Hibar mendapat tiga medali emas dan dua perak dalam ajang International Exhibition of Young Inventors (IEYI) 2013 di Kuala Lumpur.

Inovasi baru ini tentu bisa dikembangkan untuk melindungi para wanita. Sebuah prestasi yang membanggakan, karena diciptakan oleh anak bangsa.

source : merdeka.com/vemale.com

Related Posts

Post a Comment