Kaya Atau Tidaknya Seseorang Dapat Dilihat Pada Tes Akademiknya saat Kelas 2 SD

Kaya Atau Tidaknya Seseorang Dapat Dilihat Pada Tes Akademiknya saat Kelas 2 SD

Jakarta, Tak ada seorangpun yang bisa memastikan nasib seseorang. Yang bisa dilakukan hanyalah mencari kemungkinan atas pencapaian yang bisa diraih nantinya. Peneliti menemukan bahwa kemungkinan seseorang menjadi kaya bisa dilihat dari hasil tes akademiknya saat masih kelas 2 SD.

Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Psychological Sciencemengungkapkan bahwa kemampuan matematika dan membaca seorang anak umur 7 tahun bisa memprediksi status sosial ekonominya beberapa puluh tahun ke depan. Kemampuan ini bisa menjadi prediktor yang lebih baik ketimbang kecerdasan, pendidikan dan status sosial ekonomi di masa kecil.

"Kami ingin menguji apakah hasil tes kemampuan matematika atau membaca yang lebih baik di masa kecil berkaitan dengan peningkatan status sosial berupa pekerjaan, rumah dan pendapatan yang lebih baik ketika dewasa," kata peneliti seperti dilansir Counsel and Heal, Jumat (10/5/2013).

Peneliti tersebut bernama Stuart Ritchie dan Timothy Bates dari University of Edinburgh. Keduanya membandingkan data dari 17.000 orang lebih di Inggris, Skotlandia dan Wales. Kesemua peserta dalam penelitian dilahirkan pada tahun 1958, lalu diamati perubahan hidupnya sampai saat ini.

Hasilnya menunjukkan bahwa keterampilan membaca dan matematika saat masa kanak-kanak benar-benar amat mempengaruhi. Kemampuan matematika dan membaca yang dimiliki saat berusia 7 tahun dapat memprediksi kemungkinan status sosial anak 35 tahun ke depan.

Anak yang lebih bagus kemampuannya di bidang membaca dan matematika pada akhirnya memiliki pendapatan, rumah dan pekerjaan yang lebih baik di masa dewasa. Kenaikan 1 tingkat pada kemampuan membaca pada usia 7 tahun berkaitan dengan peningkatan pendapatan hingga Rp 75 juta saat berusia 43 tahun.

Hubungan ini tetap bertahan meskipun faktor-faktor umum lain seperti status sosial ekonomi dan kecerdasan di masa kecil diperhitungkan. Para peneliti mengatakan bahwa faktor gen nampaknya dapat menjelaskan hubungan jangka panjang ini.

"Temuan ini menyiratkan bahwa keterampilan dasar anak, terlepas dari seberapa pintar, berapa lama bersekolah atau kelas sosial Anda, akan berperan penting seumur hidup Anda," kata para peneliti.

source :detik.com
foto : thinkstock

Related Posts

Post a Comment