Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Majalah Mini - Buah ini mungkin sangat populer di telinga orang Indonesia.Selain diolah menjadi makanan,mulai dari gorengan sampai kue,ternyata ada manfaat lain yang dapat dirasakan dari buah pisang yang enak ini.Nah,Majalah Mini Kali ini akan merangkumnya untuk Anda :

1. Sumber Kekuatan Tenaga

Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

2. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang sudah mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Manfaat Buah Pisang Bagi Penderita Anemia

Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setrap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Manfaat Bagi Penyakit Usus dan Perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena vitamin C dapat secara cepat diproses, la mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong. Krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien diare.

5. Manfaat Buah Pisang Bagi Penderita Lever

Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

6. Manfaat Buah Pisang Bagi Diabetes

Di Gorontalo (Sulawesi Utara) terdapat jenis pisang Goroho, yakni pisang khas daerah setempat. Pisang ini merupakan makanan bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus, terutama buah pisang Goroho yang belum matang, kemudian dikukus dan dicampur kelapa parut muda.

7. Manfaat Pisang bagi Kecantikan

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu. dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat dan dibilas dengan air dingin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.

8. Manfaat Pisang Untuk Mengatur Berat Badan

Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan atau menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet empat buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1.250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

9. Manfaat Buah Pisang bagi kesehatan Lainnya

Tanaman pisang secara genetis juga dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B berhasil akan menjadi sangat murah.

Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, dan polio. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.

Buah pisang mengandung tiga jenis gula alami, yaitu sukrosa, gruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan fiber, memberikan tambahan sokongan energi yang langsung cukup banyak. Penelitan telah membuktikan dengan hanya dua buah pisang mendukung energi yang cukup untuk kuat selama 90 menit.

Pisang juga manjur untuk meredakan orang depresi. Orang yang mengalami depresi, banyak yang terbantu setelah mengkonsumsi buah pisang. Mal ini disebabkan kandungan tryptphan, sejenis protein yang diatur tubuh menjadi serotonin, yang diketahui dapat membawa efek relax, menambah suasana hati pada umumnya menjadi lebih baik.

Pisang juga memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan jika Anda menderita sakit pada jantung, coba untuk makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut. Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula untuk mengurangi rasa sakit atau pegal-pegal sewaktu bangun pagi.

Sebelum menggunakan krim oles anti gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan tersebut dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangi pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yang telah digigit oleh serangga. Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem urat syaraf.

Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan tekanan pada pekerjaan mendorong kita untuk mengkonsumsi (lebih senang memakan) snack, coklat, dan keripik. Memperhatikan dari 5.000 pasien rumah sakit, ditemukan bahwa kebanyakan dari kasus obesitas (kegemukan) disebabkan oleh tekanan pekerjaan.

Hasil laporan tersebut menyimpulkan untuk menghindari kecanduan makanan, kita perlu mengendalikan kadar gula dalam darah kita dengan makanan ringan yang tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga kadar gula agar stabil. Makanan tersebut ada pada buah pisang.

Pisang digunakan sebagai makan diet mencegah gangguan pencernaan dikarenakan lembut/tekstur dari buah pisang. Hanya buah mentah inilah yang dapat langsung dapat dimakan tanpa harus susah-susah mengolah. Dan juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.

Buah pisang juga dapat membantu orang yang akan berhenti merokok, karena kandungan vitamin B6, B12, kandungan potasium dan magnesium membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat nikotin. Potasium merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh.

Saat kita sedang mengalami stres atau gangguan pikiran yang dapat mengakibatkan gangguan badan, tingkat metabolisme menjadi naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya.

Stroke adalah sejenis penyakit yang diakibatkan kehilangan fungsi dari anggota atau bagian lain tubuh saat aliran oksigen dlm darah menuju otak terganggu. Menurut penelitian 'Jurnal Medis di New England', memakan buah pisang adalah bagian dari program diet yang dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke.

Related Posts

Post a Comment