Ratusan Ribu Buruh Geruduk Istana,Mana SBY?


(Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)
Jakarta
 : Hampir setiap perayan Hari Buruh Sedunia atau May Day, Presiden SBY tidak berada di Jakarta. Pada May Day, Rabu (1/5/2013) ini, saat ratusan ribu buruh mendatangi Istana Negara, di manakah Presiden SBY berada?

Ternyata, Presiden SBY dijadwalkan bertolak menuju Surabaya untuk kunjungan kerja di Jawa Timur hingga akhir pekan mendatang. Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden SBY akan mengunjungi 2 pabrik untuk bertatap muka langsung dengan para buruh.

"Rencananya akan meninjau PT Maspion dan PT Unilever yang berada di Surabaya," kata Julian.

Dalam akun twitter pribadinya, Selasa 30 April, Presiden SBY menegaskan kemajuan perusahaan harus diiringi dengan peningkatan kesejahteraan buruh, sehingga semua pihak merasakan keuntungan yang sama.

Presiden mengatakan upah buruh harusnya terus semakin baik sesuai dengan kemampuan perusahaan. Untuk memenuhi upah buruh yang layak, selain perusahaan harus berlaku adil di sisi lain pungutan-pungutan yang tidak semestinya dan menyebabkan ekonomi biaya tinggi harus dihilangkan.

"Hentikan segala pungutan yang tidak semestinya, sehingga biaya-biaya tersebut bisa dialihkan untuk meningkatkan upah buruh," tegasnya.

Ia menambahkan, upah yang semakin baik harus diiringi dengan disiplin dan produktivitas agar perusahaan dan buruh sama-sama berkembang.

"Jika ada perselisihan antara pihak pengusaha dan buruh selesaikan dengan baik dan tertib, cegah kekerasan dan perusakan," paparnya.

Pada May Day 2013 ini, ratusan ribu buruh turun ke jalan Ibukota memeringati Hari Buruh Sedunia atau May Day. Ada 4 titik di Jakarta yang akan menjadi pusat konsentrasi massa, yakni Bundaran HI, Istana Merdeka, Gedung DPR/MPR, dan kantor Kemenakertrans.

source : liputan6.com

Related Posts

Post a Comment