Sayuran Yang Justru Harus Dihindari


Sayuran Yang Justru Harus Dihindari
(c)shutterstock

 Sayuran dianjurkan untuk disajikan di setiap menu makanan demi kesehatan. Nutrisi yang dikandung oleh aneka sayuran, dikatakan dapat membantu memelihara kesehatan dengan berbagai kecukupan nutrisinya.

Namun, ada beberapa jenis sayuran yang ternyata justru tidak disarankan dan lebih baik dihindari. Waduh, sayuran apa saja yang termasuk dalam daftar ini?

Pada dasarnya semua sayuran itu baik, tetapi apabila salah pengolahannya, maka ia tergolong sayuran yang lebih baik dihindari, seperti...

Keripik sayur

Mengapa keripik kentang goreng tidak dimasukkan dalam daftar menu sehat? Karena menurut penelitian, keripik kentang goreng sudah kehilangan jumlah nutrisi dan justru membawa kandungan kalori karena diolah dengan cara digoreng. Demikian juga dengan keripik sayuran lain, entah itu keripik jagung, keripik bayam, keripik wortel, semua yang diolah dengan cara digoreng telah kehilangan nutrisi pentingnya.

Salad sayuran dengan saus creamy

Salad sayuran itu sehat, tetapi bila disandingkan dengan saus cream cheese atau mayonaise, nilai sehatnya jadi berkurang. Pasalnya, jumlah kalori dalam cream cheese atau mayonaise cukup tinggi sehingga membuat nutrisinya jadi tidak seimbang saat dikonsumsi tubuh.

Jagung

Perlu diketahui bahwa jagung bukanlah jenis sayuran. Jagung adalah jenis gandum-ganduman yang tinggi akan kandungan karbohidrat. Nyaris sebanding dengan nasi, sebenarnya jagung tidak disarankan dikonsumsi bebarengan dengan nasi. Karena yang diambil adalah karbohidratnya, maka sebaiknya jagung digunakan sebagai bahan makanan pokok, bukan sebagai lauk atau sayuran teman makan.

Sayuran dalam kaleng

Sayuran dalam kaleng dianggap memudahkan karena bisa dinikmati secara instant dan usianya lebih lama. Padahal, sayuran jenis ini punya banyak bahan berbahaya yang mengancam dari sisi kesehatan lainnya. Misalnya saja jumlah sodium di dalamnya, nah, Anda tak pernah berpikir bagaimana efeknya bagi kesehatan Anda kan? Belum lagi jika ia menggunakan pemanis buatan, dan pengawet, wah tentunya ia tak jadi menyehatkan tetapi malah justru merugikan.

Dumpling

Sayuran disajikan dengan teknik dumpling memang menggiurkan dan tidak membosankan. Tetapi, mereka yang disajikan dengan teknik dumpling ini tak lagi murni sebagai sayuran. Ada beberapa bahan tepung yang telah ditambahkan di mana Anda mengonsumsi karbohidrat lebih banyak dari yang Anda pikirkan.

Nah, apabila Anda ingin tetap memetik nutrisi positif dari sayuran, lebih baik menikmati sayuran dengan cara yang sehat pula. Dianjurkan agar sayuran dimasak dengan cara kukus, tumis , atau juga bisa direbus. Masih banyak kok cara menikmati sayuran yang tetap menyehatkan, yuk kita hidup sehat.

source : vemale.com

Related Posts

Post a Comment