Studi: Dengar Lagu Sedih Bisa Obati Patah Hati


Studi: Dengar Lagu Sedih Bisa Obati Patah Hati
Penyanyi Elton John pernah mengatakan bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih adalah cara tepat untuk pulih dari patah hati. Kini, pernyataan pelantun Candle in the Wind itu tak hanya sekadar opini. Melainkan sudah didukung oleh fakta ilmiah.
Menurut studi yang dipublikasikan Journal of Consumer Research, mendengarkan musik sedih adalah cara terbaik mengobati patah hati setelah putusnya jalinan asmara. Cara ini memiliki efek menenangkan sama seperti seorang teman yang simpatik.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ketika seseorang mengalami gangguan emosi yang serius mereka cenderung mencari pengganti ikatan pribadi yang hilang dan berusaha meningkatkan suasana hati.

"Pengalaman emosional dari produk estetika penting untuk kebahagiaan," ujar Dr. Stephen Palmer dari University of California seperti dilansir laman Telegraph.

"Seperti teman yang simpatik, musik, film, lukisan, atau novel yang sesuai dengan suasana kita saat ini dan perasaan akan lebih dihargai ketika kita mengalami patah hati atau hubungan yang gagal," ucapnya menambahkan.

Dalam studi tersebut, partisipan dihadapkan pada berbagai situasi yang membuat frustasi. Setelah itu mereka diminta menilai musik sedih dibandingkan dengan musik sukacita atau santai. Sementara itu partisipan lainnya diminta mengingat kembali pengalaman mereka terkait rasa kehilangan.

Hasilnya, partisipan yang mengalami masalah asmara cenderung mendengarkan musik sedih atau drama menguras air mata yang merefleksikan suasana hati negatif mereka. Partisipan mengatakan, mereka lebih suka mendengarkan musik sedih ketika frustasi.

Adapun preferensi musik sedih lebih tinggi pada mereka yang mengalami patah hati karena putus cinta dibandingkan mereka yang kalah dalam kompetisi.

source : viva.co.id

Related Posts

Post a Comment