Tahan Madrid 1-1, Espanyol Bantu Barcelona Juara


Tahan Madrid 1-1, Espanyol Bantu Barcelona Juara

Barcelona : Espanyol akhirnya benar-benar membantu tetangga, Barcelona untuk menjadi juara lebih cepat. Ini setelah "Los Periquitos" menahan Madrid 1-1 di pekan ke-36 La Liga, Minggu (12/5/13) dini hari WIB. Espanyol terlebih dahulu unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Christian Stuani di menit ke-23. Sedangkan Madrid menyamakan kedudukan lewat sundulan Gonzalo Higuain di menit ke-57.

Dia memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Xabi Alonso. Sundulannya ke kiri gawang Espanyol bisa ditepis Casilla tapi bola tetap masuk. Dengan hasil ini, Madrid mengoleksi 81 poin. Mereka tertinggal 7 poin dari Barcelona. Ini tak bisa dikejar dengan sisa dua laga yang dimiliki Madrid.

Madrid sebenarnya tak mau Barcelona juara lebih cepat. Meski menurunkan banyak pemain cadangan di babak pertama, Madrid langsung berbenah dengan menurunkan Benzema dan Ronaldo sekaligus di babak kedua. Tujuannya jelas untuk meraih kemenangan. Espanyol sendiri terus mengintip peluang menang. Di menit ke-49, Espanyol mendapatkan peluang ketika Wakaso memberi umpan kepada Garcia. Tapi tembakannya masih bisa diadang Diego Lopez.

Madrid sendiri beberapa kali membuang peluang. Beberapa kali, Ronaldo mendapatkan tendangan bebas tapi gagal berbuah gol. Seperti di menit ke-90, tendangan bebasnya justru melambung ke atas gawang. Espanyol sendiri beberapa kali memanfaatkan serangan balik dan nyaris berbuah gol. Penguasaan bola menjadi milik Madrid tapi ini tak mampu membuat Espanyol kalah.

Pertandingan ini memang seperti "dilepas" Madrid. Ini karena mereka menyimpan pemain inti dan lebih memilih pemain cadangan untuk menghadapi Espanyol yang juga butuh tiga poin agar menjaga asa tembus ke zona Eropa.

Dengan menurunkan pemain cadangan, Madrid tampak kurang menggigit. Itu tampak dari kurang adanya tusukan-tusukan dari sayap. Meski, di kanan, Madrid sudah menurunkan Angel Di Maria. Jose Mourinho pun boleh jadi mengkritik strateginya sendiri. Itu setelah Raphael Varane harus digantikan Xabi Alonso di menit ke-19 karena cedera. Belum diketahui seberapa parah cederanya. Namun jika ada Pepe, masalah lini pertahanan mungkin tak rumit.

Susunan Pemain

Espanyol

Casilla; J Lopez, Colotto, Moreno, Capdevilla;Stuani,Victor,Forlin, Mubarak/Baena (90+3);Verdu/ Simao (82);Sergio

Madrid

Diego Lopez; Nacho,Varane/Xabi (19),Albiol, Carvalho;Essien,Modric;Di Maria, Kaka/Ronaldo (56), Morata/Benzema (46); Higuain

source : liputan6.com
foto : RCD Espanyol vs Real Madrid (AFP/Quique Garcia)

Related Posts

Post a Comment