Aneh, Anggrek Di Equador Ini Berwajah Monyet

Anggrek jenis langka bisa turis lihat saat ke Ekuador. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan tanaman sejenisnya. Tapi jika diperhatikan, bagian tengah anggrek ini mirip seperti wajah monyet, karenanya ia dipanggil Anggrek Monyet.

Aneh, Anggrek Di Equador Ini Berwajah Monyet
Wajah anggrek yang mirip seperti monyet (thefeaturedcreature.com)

Anggrek monyet adalah salah satu jenis tanaman langka. Betapa tidak, tanaman ini hanya bisa tumbuh di lingkungan tertentu.

Ia bisa tumbuh dengan subur dan sehat jika berada di pegunungan. Dilongok dari situs The Featured Creature, Rabu (19/6/2013) ketinggian daratan yang bisa ditumbuhinya juga tertentu, yakni antara 1.000 dan 2.000 mdpl.

Kalau penasaran, bisa traveler menemukannya ketika jalan-jalan ke pegunungan di Ekuador, Kolombia atau Peru. Tapi, jika ingin berkesempatan lebih besar untuk bertemu, Anda bisa datang ke Ekuador.

Perhatikan langkah Anda ketika mendaki. Jangan melangkah terlampau cepat dan sapukan pandangan ke sekitar, siapa tahu ada tanaman anggrek liar tumbuh.

Jika ada, amati bagian tengahnya. Bunga anggrek yang memiliki bagian tengah mirip seperti monyet adalah anggrek monyet. Ternyata, wajah seperti monyet ini berasal dari organ reproduksi tanaman.

Lebih unik lagi, tanaman ini diberi nama latin Dracula simia. Diberi nama Dracula karena tumbuhan ini memiliki kelopak bunga yang panjang, mirip seperti taring drakula.

Sedangkan simia memiliki arti monyet. Ini tentu diambil dari mahkota bunga yang mirip seperti wajah monyet. Jika dicium, tanaman ini memiliki aroma seperti jeruk.

Tidak ada waktu khusus untuk traveler yang ingin melihat tanaman ini. Anggrek monyet tumbuh setiap saat, jadi kapan saja Anda datang bisa melihatnya secara langsung.

Related Posts

Post a Comment