Inilah Daftar Lengkap Bantuan Pemerintah Untuk Konpensasi BBM

Jakarta : Usai memastikan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah memastikan akan menyalurkan sejumlah bantuan bagi masyarakat miskin yang terdampak kebijakan baru tersebut. Bantuan sosial ini diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat akibat kenaikan BBM.

Inilah Daftar Lengkap Bantuan Pemerintah Untuk Konpensasi BBM
ilustrasi

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Armida Alisjahbana dalam keterangan pers pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi, di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat (21/6/2013) mengatakan paket bantuan tersebut akan dibungkus dalam dua program utama yaitu program Percepatan dan Peluasan Perlindungan Program Sosial (P4S) dan program khusus bersifat sementara.

Untuk proragm P4S, pemerintah telah menyiapkan Bantuan Siswa Miskin (BSM), Program Keluarga Harapan (PKH), subsidi beras miskin (Raskin). Sementara program khusus sementara diberikan dalam bentuk Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan infastrutkur dasar.

"Program BLSM dan PKH dimaksudkan untuk mengamankan upaya jangka panjang guna memutus rantai kemiskinan yaitu memastikan masyarakat miskin bisa akses pangan," kata Armida.

Berikut adalah penjelasan lengkap dari program bantuan sosial masyarakat yang dijalankan usai menaikkan harga BBM bersubsidi:

1. Bantuan Siswa Miskin

Bantuan ini akan diberikan kepada siswa miskin sebanyak 16,6 juta orang siswa di berbagai daerah. Nantinya setiap siswa Sekolah Dasar (SD) dari rumah tangga miskin terdampak akan memperoleh Rp 450 ribu per tahun. Sementara siswa SMP akan memperoleh Rp 750 ribu sementara siswa SMA memperoleh 1 juta.

Selain uang tunai tersebut, pemerintah juga akan memberikan bantuan dalam bentuk buku, seragam, dan alat tulis.

2. Program Keluarga Harapan

Program ini akan diberikan khusus kepada 2,4 juta rumah tangga sangat miskin, Bantuang diberikan dengan tingkat rata-rata sebesar Rp 1,8 juta per rumah tangga terdampak

3. Subsidi Raskin

Pemerintah akan memberikan bantuan Raskin kepada sekitar 15,5 juta rumah tangga dengan alokasi yang diberikan ditambah lebih panjang selama tiga bulan

4. Bantuan Langsung Sementara Masyarakat

Program ini bertujuan mempertahankan daya beli rumah tangga miskin dan rentan pad apenyesuaian kenaikan harga BBM. BLSM akan diberikan sekitar 4 bulan bagi 15,5 juta rumah tangga terdampak. "Dengan demikian akan membantu masyarakat miskin melalui masa-masa sulit tanpa harus terdampak negatif," kata Armida.

BLSM nantinya akan menyalurkan bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp 150 ribu per bulan per rumah tangga miskin.

5. Infrastruktur Dasar

Salah satu program khusus yang dirancang pemerintah adalan pembangunan infrastruktur dasar yang diharapkan bisa membantu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Program ini dirancang untuk 11.750 desa atau kelurahan di Indonesia dengan alokasi sebesar Rp 250 juta per desa atau kelurahan

Program lain yang disiapkan adalah program percepatan dan perluasan sistem air minum serta sumber daya air terutama berupa perbaikan irigasi kecil dan sumber daya air lainnya.

"Kunci kesuksesan dari lima program tadi terletak pada pelaksanaan yang tepat waktu, tepat jumlah, tepat biaya, dan tepat sasaran," tegas Armida.

source : liputan6.com

Related Posts

Post a Comment