Jokowi : Ini Mobil atau Gerobak? Ngeremnya Pakai Doa

Jakarta - Jokowi berbicara soal kendaraan umum di Jakarta bernama Kopaja. Ternyata Gubernur DKI Jakarta ini punya cerita sendiri soal pengalamannya naik angkutan bertarif Rp 2.000 ini.

"Saya kaget tahun 85 waktu di Jakarta pernah naik Kopaja. Saya cek, yang saya naiki dulu sama sekarang masih sama," ucap Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi di acara kuliah umum bertema "Jakarta Baru, Jakarta Megapolitan, Bisnis dan Peluang" di STIKOM InterStudi Jl Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Jokowi : Ini Mobil atau Gerobak? Ngeremnya Pakai Doa

Jokowi bercerita, ketika dia melakukan sidak ke Terminal Kampung Melayu dan Kampung Rambutan awal tahun lalu. Jokowi mengaku heran dengan kondisi Kopaja yang tidak memiliki spedometer dan rem.

"Ini mobil atau gerobak? Banyak yang enggak punya rem, eggak tahu pakai apa. Ngeremnya pakai doa," ucap Jokowi disambut tawa hadirin.

Jokowi menemukan masih banyak sopir Kopaja yang tidak punya SIM alias sopir tembak. Hal ini akan menjadi masalah jika tidak segera ditangani.

"Bagaimana kalau ada masalah. Kita juga enggak bisa intensif mengawasi," katanya.

Menurutnya hal ini terjadi karena manajemennya tidak tertangani dengan baik. Kopaja saat ini milik pribadi dan Pemprov DKI akan mengambil alih melalui
Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD).

"Nanti akan ada 1.000 bus baru, gaji sopir ditentukan, remnya bisa dicek, sopirnya pakai seragam. Diajari bagaimana melayani penumpang," ujar pria yang akan berulang tahun ke-52 ini.

Sumber

Related Posts

Post a Comment