Pemain Muslim Enggan Pakai Kostum Terbaru Newcastle Musim Depan


Pemain Muslim Enggan Pakai Kostum Terbaru Newcastle Musim Depan
Newcastle : Newcastle United baru saja menandatangani kesepakatan sponsorship dengan perusahaan pemberi pinjaman Wonga. Deal itu berdurasi empat tahun dan pastinya memberi penghasilan besar buat The Toon Army yang sedang dililit utang.

Namun masalah muncul setelah deal itu tercapai. Bintang-bintang Newcastle yang beragama Islam dikabarkan bisa saja menolak memakai jersey dengan logo Wonga karena perusahaan itu dinilai melanggar hukum Islam.

Papiss Cisse, Cheick Tiote, dan Hatem Ben Arfa adalah para pemain yang berpeluang melakukan penolakan itu. Para pemain itu bisa saja mengulang kisah penolakan Frederick Kanoute.

Ketika itu, Kanoute menolak memakai jersey dengan logo 888.com yang merupakan rumah taruhan saat bermain bagi Sevilla. Karena itu, Kanoute jadi satu-satunya pemain yang mengenakan kostum ‘kosongan’ di Sevilla.

Bukan hanya dari kaum Muslim, deal dengan Wonga sebelumnya sudah mendapat banyak tentangan dari publik Newcastle. Wonga dikenal sebagai perusahaan lintah darat yang mengisap uang kaum miskin.

Sebagai gambaran, jika ada fans Newcastle yang membeli jersey seharga 50 pound dengan uang pinjaman dari Wonga, mereka harus mengembalikannya sebesar 71,2 pound sebulan kemudian.

Ketua dewan kota Newcastle Nick Forbes mengatakan: “Saya menentang dengan keras keputusan klub untuk bekerjasama dengan hiu keuangan seperti itu. Newcastle United jadi seperti institusi yang menghalalkan segala cara," sesal Forbes seperti dilansir Daily, Jumat 7 Juni 2013.

Banyak klub lain yang mengajukan protes kepada FA terkait deal itu. Wonga dianggap tak pantas menjadi sponsor klub sepakbola Inggris, terutama klub besar seperti Newcastle.
Sumber

Related Posts

Post a Comment