Hatta: Mobil murah keluar, jalanan makin macet


Peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 2013 tentang mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) telah ditanda tangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Produksi mobil murah tersebut dapat segera dilakukan.
Hatta: Mobil murah keluar, jalanan makin macet

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan mobil LCGC tersebut tingkat konsumsi bahan bakarnya rendah. Serta dari sisi harganya pun masih relatif lebih murah.

"Apalagi seperti mobil listrik yang tidak menggunakan BBM sama sekali, jadi kita akan dapat benefit dari itu. Kendaraan yang betul-betul low cost, konsumsinya murah harga mobilnya juga relatif murah," ujarnya saat ditemui di kantornya , Jakarta, Rabu (5/6).

Hatta mengakui memang adanya mobil LCGC bakal menambah kemacetan. Namun, tingkat konsumsi BBM akan menurun drastis. Pasalnya, tingkat konsumsi bahan bakar mobil LGCG diperkirakan hanya 22 kilometer (km) per liter.

"Sepanjang konsumsi BBMnya rendah, kemudian masyarakat kita dari pembeli motor bisa beli mobil kan lebih bagus, lebih safety, lebih aman, lebih nyaman," tegas dia.

Hatta turut berharap ke depannya transportasi umum juga akan menjadi lebih baik sehingga bisa memberikan banyak pilihan kendaraan untuk masyarakat.

"Semakin baik transportasi umum semakin malas orang naik mobil pribadi. Pasti naik umum. Sepanjang udah bagus, ada MRT nanti, circle line commuter, monorail, khusus bukan hanya Jakarta tapi juga kota-kota besar," pungkas dia.
Sumber

Related Posts

Post a Comment