Gara- Gara Disuap Lumpia, Pegawai Imigrasi Masuk Bui

Amerika Serikat - Sudah jadi pengetahuan umum, lumpia amatlah lezat. Baik yang tidak digoreng ala Vietnam -- berisi sayuran dan udang yang dibungkus kulit tipis nyaris transparan, maupun yang renyah berminyak setelah dicelupkan dalam minyak panas.

Gara- Gara Disuap Lumpia, Pegawai Imigrasi Masuk Bui
ilustrasi

Masih terkait penganan itu, seorang petugas imigrasi diperkarakan karena menerima suap, berupa lembaran uang tunai dan lumpia dari imigran yang ingin mendapatkan kewarganegaraan atau setidaknya kartu hijau (green card) agar bisa tinggal dan bekerja secara sah di Amerika Serikat.

Jaksa federal mengatakan, pelaku, seorang perempuan bernama Mai Nhu Nguyen dalam persidangan Rabu ini, didakwa dengan tiga tuduhan menerima suap.

Jaksa mengatakan, Nguyen menerima 200 lumpia dari salah satu pemohon kewarganegaraan. Ia juga didakwa menerima suap bernilai US$ 1.000 dan US$ 2.200 dari dua imigran lainnya sejak 2011.

Nguyen bekerja sebagai petugas urusan kewarganegaraan AS dan imigrasi di Santa Ana, saat menyalahgunakan kewenangannya itu -- menerima suap berupa uang tunai dan lumpia untuk dipertukarkan dengan kartu hijau dan kewarganegaraan.

Nguyen ditahan 6 Juni 2013 lalu dan dibebaskan dengan uang jaminan US$ 20 ribu. Ia dijadwalkan disidang di pengadilan pada 1 Juli lalu. Namun, surat panggilan dari jaksa tak dijawab.

Related Posts

Post a Comment