Inilah Ancaman Penyakit Akibat Pakai Hape

Inilah Ancaman Penyakit Akibat Pakai Hape.Handphone sekarang bukan lagi barang mahal yang hanya dimiliki orang-orang tertentu saja. Bahkan hingga abang penjual siomaypun mengandalkan handphone untuk membantu memperlancar jualan dagangannya. Artinya, handphone sudah menjadi barang yang dimiliki nyaris semua orang.

Penting dan praktis memang. Apalagi komunikasi bisa lancar terjalin sekalipun jarak yang memisahkan jauh. Tetapi di balik sisi positifnya, ada ancaman kesehatan yang selalu harus Anda waspadai.

Inilah Ancaman Penyakit Akibat Pakai Hape

Dilansir oleh boldsky, berikut adalah ancaman kesehatan di balik pemakaian handphone.

Kanker

Pemakai ponsel, punya resiko terserang kanker yang jauh lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dilaporkan oleh International Agency for Research on Cancer, tahun 2011 angka dari penderita kanker otak tidak setinggi tahun-tahun belakangan ini. Ditengarai bahwa frekuensi elektromagnetik yang ada di dalam ponsel dapat memicu perkembangan sel kanker pada tubuh.

Menurunkan jumlah sperma

Sudah menjadi penelitian selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa ada penurunan jumlah sperma pada pria yang menyimpan ponselnya di dalam kantung celana atau di sekitar pinggang. Hal ini kabarnya mempengaruhi juga kualitas sperma yang hidup dan aktif.

Sindrom nyeri pergelangan tangan

Sindrom ini biasa dialami oleh mereka yang kesehariannya beraktivitas dan berinteraksi dengan ponsel lebih dari 3 jam sehari. Ada rasa nyeri di pergelangan tangan yang cukup mengganggu apabila tidak segera ditangani.

Tinggi tingkat kecelakaan

Tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas juga dipicu oleh pemakaian ponsel di jalan. Apalagi akhir-akhir ini kerap kali ditemui para pengendara motor yang menggunakan ponsel ketika sedang menyetir. Entah sedang berBBM atau sedang bertelepon, semua kegiatan tersebut dapat memecah konsentrasi sehingga mencelakakan jiwa pengguna jalan dan pengendara motor tersebut.

Nomophobia

Nomophobia adalah adalah sebuah kegelisahan baru yang biasa ditimbulkan saat baterai ponsel hampir habis atau tidak ada jaringan pada ponsel. Studi yang dihelat oleh MGM Medical College ini menemukan bahwa nomophobia sudah menjangkiti sebagian besar orang pengguna ponsel di era modern.

Nyeri leher

Rasa nyeri dan kaku di leher maupun punggung kerap kali menyerang pemakai ponsel. Terkadang nyeri tersebut juga disertai sakit kepala. Hal ini diakibatkan karena posisi saat mengetik memunculkan postur baru yang mencederai punggung dan leher apabila dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, biasanya penglihatan juga terganggu.

Agar terhindar dari penyakit yang mengancam, gunakanlah ponsel dengan bijak sehingga dapat menghindarkan Anda dan orang lain dari kerugian di atas.

Related Posts

Post a Comment