Manfaat dan Segarnya Blewah Untuk Berbuka Puasa

Majalah Mini ArbesDJ - Jadi ingat berbuka puasa kalau lihat buah ini.Buah blewah adalah buah musim Ramadan. Dikatakan demikian karena kemunculannya lebih sering seiring Ramadan tiba. Buah yang bernama latin Cucumis melo L ini sebenarnya masih keluarga melon-melonan. Namun, bentuknya lebih mirip dengan labu atau mentimun.

Manfaat dan Segarnya Blewah Untuk Berbuka Puasa
(c)Flickr & Kominfo

Buah blewah ada yang bulat dan ada pula yang lonjong. Warnanya kuning dengan bercak kehijauan atau putih. Kulit buahnya tipis, dan biasanya daging buahnya tebal serta lembut. Jika sudah matang, warna daging buah akan berubah orange kemerahan dan mengeluarkan aroma harum hingga keluar kulit. Di dalamnya terdapat rongga berisi biji dan serat, dan biasanya serat tersebut tidak langsung dibuang, melainkan dipetik sarinya dengan cara ditambah air dan disaring.

Kandungan nutrisi pada blewah cukup beragam dan banyak. Di antaranya adalah kandungan mineral kalium, provitamin A, vitamin C, vitamin B6 serta serat makanan. Enzim yang dikandung di dalam buah blewah ini juga punya fungsi penyerapan yang sangat baik, sehingga disarankan dikonsumsi saat sedang menjalankan ibadah puasa. Ia akan membantu pencernaan mencerna makanan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa, sehingga lambung tidak mudah terluka.

Berikut adalah beberapa manfaat lain si blewah :


  • Membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh karena termasuk jenis buah yang rendah gula dan rendah kalori.
  • Kandungan kaliumnya dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Membantu mengurangi resiko batu ginjal dan tulang keropos.
  • Vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan, sehingga dipercaya dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker serta penyakit kronis lainnya.
  • Menangkal insomnia, sehingga setelah mengonsumsi blewah bisa tidur dengan lebih nyaman dan pulas.
  • Karena tidak ada kandungan kolesterol, buah ini baik dikonsumsi mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi dan jantung.
  • Blewah membantu mengatasi kehilangan nafsu makan, penyakit maag serta infeksi saluran kemih.
  • Kandungan vitamin A dalam blewah dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.
  • Kandungan folatnya dibutuhkan janin untuk perkembangan janin dan otak janin di dalam rahim.
  • Blewah juga dapat membantu mencegah kanker rahim pada wanita.

Tidak ada ruginya juga kan mengonsumsi blewah sebagai menu pembuka puasa. Namun, tetap pastikan porsinya tidak berlebihan agar tekanan darah tidak turun ya. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Related Posts

Post a Comment