Wikileaks : Edward Snowden Belum Terima Suaka Dari Venezuela

Situs pembocor rahasia badan intelijen AS, Wikileaks, menginformasikan melalui akun Twitter mereka, bahwa mantan kontraktor NSA, Edward J. Snowden, belum menerima secara resmi tawaran pemerintah Venezuela. Sebelumnya ramai diberitakan, pria 30 tahun itu telah memutuskan menerima tawaran suaka dari Presiden Nicolas Maduro.

Wikileaks : Edward Snowden Belum Terima Suaka Dari  Venezuela

Kantor berita Reuters, Selasa 9 Juli 2013, memberitakan bahwa informasi Snowden menerima tawaran Venezuela pertama kali disampaikan anggota dewan Rusia, Alexei Pushkov, di akun Twitternya. Belakangan, posting itu dihapusnya.

Pushkov berkicau bahwa informasinya itu diperkuat dengan berita yang disaksikannya di stasiun televisi milik pemerintah, Rossiya-24, yang menayangkan soal konfirmasi Snowden terhadap tawaran suaka pemerintah Venezuela. Saat ditelusuri, perwakilan stasiun televisi itu mengatakan bahwa mereka menurunkan berita itu justru mengacu pada kicauan Pushkov di Twitter.

Bantahan kemudian disampaikan oleh kuasa hukum Snowden, Sarah Harrison, melalui akun resmi Twitter Wikileaks. "Edward #Snowden belum menerima secara formal tawaran suaka di Venezuela," ujar Harrison.

Sebelumnya Presiden Venezuela Nicolas Maduro menawarkan suaka pada Snowden. Namun hingga saat ini, Venezuela mengaku belum menerima permintaan resmi dari Snowden. Tawaran serupa juga disampaikan oleh dua negara Amerika Latin lainnya, yaitu Nikaragua dan Bolivia.

Sementara itu, pihak Gedung Putih mengatakan bahwa Snowden harus segera kembali ke AS untuk diadili. "Dia seharusnya tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan internasional dari ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah AS yaitu untuk kembali ke tanah air," kata Carney.

source:Vivanews

Related Posts

Post a Comment