Peneliti Berhasil Hacking iPhone Pakai Charger!

Peneliti Berhasil Hacking iPhone Pakai Charger!
California : Siapa yang mengira perangkat secanggih iPhone atau iPad dapat diretas dengan mudah. Caranya, dengan hanya menggunakan media sebuah charger?

Hal ini dibuktikan tiga peneliti dari Georgia Institute of Technology baru-baru ini, yang berhasil menunjukkan bahwa sebuah charger bisa digunakan untuk 'menularkan' malware pada perangkat iOS. Mereka dikabarkan akan mempresentasikan hasil karyanya pada konferensi keamanan digital Black Hat yang akan diselenggarakan Juli 2013 mendatang.

Dilansir laman Phone Arena, Selasa (4/5/2013), charger yang di dalamnya telah berisikan malware tersebut diberi nama Mactans. Mactans sendiri dirancang dari komputer dengan single-board terbuka yang disebut BeagleBoard, yang dijual oleh Texas Instruments dengan harga US$ 45 atau sekitar Rp 440 ribu.

Virus yang didistribusikan oleh Mactans diklaim mampu menyerang dan melumpuhkan perangkat iOS hanya dalam tempo satu menit. Para peneliti juga memperlihatkan bagaimana sulitnya membersihkan virus yang sudah berada di dalam perangkat iOS.

Pada dasarnya, ketiga peneliti dari Georgia Intsitute tersebut tidak bermaksud meretas perangkat iOS. Mereka hanya berusaha untuk memperlihatkan mudahnya proses penularan virus via port charger sangat mungkin terjadi dan dijadikan celah bagi hacker untuk merusak perangkat.

Proses penularan virus melalui charger Mactans memang belum dipaparkan secara oleh ketiga peneliti tersebut. Namun, deskripsi penelitian mereka telah dipublikasikan di website konferensi Black Hat sejak beberapa hari yang lalu. Mereka mendeskripsikan hasil eksperimen itu sebagai peringatan yang perlu ditanggapi secepatnya oleh Apple.

Sumber

Related Posts

Post a Comment