10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

 Courtesy Listverse.com

Bumi masih menyimpan tempat-tempat dengan sejuta keunikan dan keajaiban yang terkadang bikin kita takjub. Bahkan, tanpa sentuhan teknologipun, tempat-tempat tersebut tak terbayangkan hadir.

Memanjakan mata dan membuat Anda berdecak, foto-foto ini adalah tempat-tempat unik di dunia, dan bukan semata-mata hasil editing belaka. Tempat ini nyata, dan menunggu Anda kunjungi karena keunikannya.

Amy Matyszewski, mengumpulkan 10 foto lokasi unik yang ternyata tak semua orang tahu. Inilah lokasi itu...

1. Pamukkale di Turki

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Pamukkale dalam bahasa Indonesia berarti istana kapas. Disebut istana kapas, karena bebatuan di bukit ini memiliki bentuk bebatuan yang mirip dengan kapas. Warnanya putih, dan dapat menampung air yang memantulkan warna birunya langit.

Ada sekitar 17 sumber air panas di sini, dan sejak jaman dulu telah terkenal sebagai lokasi spa yang dapat menyembuhkan. Bahkan, para bangsawan Romawi seringkali menghabiskan waktu di sini untuk berendam.

2. Nine Hells of Beppu di Jepang

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Beppu adalah wilayah di Jepang yang memiliki 2.800 sumber air panas. Beppu terletak di pulau Kyushu.

Ada 9 sumur air panas yang terkenal di sini, dan dijuluki sebagai Nine Hells of Beppu.

Sumur pertama bernama Umi Jigoku yang berarti sumur air laut. Diberi nama demikian karena warna airnya biru turquoise dan panasnya dapat membuat sebutir telur yang dimasukkan matang.

Sumur kedua bernama Oniishibou, yang berarti sumur botak. Diberi nama demikian karena keluar gelembung-gelembung lumpur di sana, yang mengingatkan pada kepala botak para biksu Buddha.

Sumur ketiga bernama Shiraike Jigoku, yang berarti sumur kolam putih. Diberi nama demikian karena di sana terdapat sumber air panas yang warnanya putih karena tingginya kandungan kalsium di dalamnya.

Sumur keempat bernama Yama Jigoku, yang berarti sumur pegunungan. Disebut demikian karena di sana terdapat lumpur gunung berapi yang keluar dari dalam sumber air.

Sumur kelima bernama Kamada Jigoku, yang berarti sumur panci masak. Diberi nama demikian karena bentuknya mirip panci yang biasa digunakan untuk memasak.

Sumur keenam bernama Oniyama Jigoku, yang berarti sumur setan. Di dalamnya terdapat sumber air yang memiliki pusaran air dan kekuatannya mampu menyeret satu gerbong kereta api. Uniknya, konon di sana juga tinggal 100 ekor buaya yang mengerikan.

Sumur ketujuh bernama Kinnyu Jigoku, yang berarti sumur naga emas. Bentuk sumber air seperti naga yang sedang melingkar. Dan air yang keluar berbentuk mirip dengan naga yang sedang terbang.

Sumur kedelapan bernama Chinoike Jigoku, yang berarti kolam darah. Diberi nama demikian karena airnya cenderung berwarna merah, yang ternyata disebabkan oleh kandungan zat besi di dalamnya.

Sumur kesembilan bernama Tatsumaki Jigoku, yang berarti kolam sembur. Karena di sana terdapat geyser yang akan menyemburkan air setiap 30 menit sekali. Suhu di sana mencapai 105 derajat celcius.

3. Sanqingshan di China

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Daerah ini dianggap sebagai daerah yang sakral dan biasanya digunakan oleh para biksu Tao bermeditasi. Dipercaya bahwa bermeditasi id sana akan membantu mencapai keabadian.

Gunung ini selalu diselimuti kabut setiap 200 hari selama setahun. Bebatuan granit tersusun indah dikelilingi oleh pohon-pohon pinus. Ada sekitar 2.500 jenis pohon besar di sana, yang dikenal dapat dimanfaatkan sebagai obat.

4. The Plain of Jars, di pegunungan Indochina

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Ada sebuah dataran yang menjadi lokasi arkeologi di Asia Selatan. Di sana terdapat bebatuan berbentuk mirip seperti toples.

Ada sekitar 90 lokasi berbeda di mana setiap lokasinya setidaknya terdapat 1-400 bebatuan tersebut.

5. Danau Berbintik di Kanada

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Terdapat bulatan-bulatan unik di dalam danau ini, dan kabarnya danau ini adalah tempat yang sakral dan jarang dijamah orang. Di sana terdapat kandungan garam yang tinggi yang mengkristal dan membentuk bulatan dengan berbagai warna berbeda seperti putih, kuning, biru dan hijau.

6. Air Terjun Karamel dan Tanah Pelangi

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Di Republik Mauritius, sebuah lokasi di pantai Afrika, terdapat air terjun karamel dan hamparan pasir berwarna pelangi.

Tanahnya berwarna warni karena merupakan tanah liat hasil lava yang membeku. Seperti namanya, warna tanah tersebut ada 7 bak pelangi, merah, kuning, hijau, biru, jingga, nila dan ungu.

7. Rio Tinto di Spanyol

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Apabila diterjemahkan, Rio Tinto berarti sungai merah. Karena kandungan zat besi yang tinggi, warna sungai ini berwarna merah. Dan konon merupakan tambang tertua di dunia milik raja Solomon.

8. Fly Geyser Reno di Nevada

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia

Geyser ini terbentuk tanpa sengaja pada 1916 saat sedang mengebor sumur. Tahun demi tahun terlewati, akhirnya lokasi ini membentuk geyser yang airnya seperti terbang.

9. Vale Da Lua di Brazil

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia







Vale Da Lua adalah bebatuan yang terbentuk di tengah sungai San Miguel. Bentuknya unik karena terkikis oleh air.

10. Cano Cristales di Kolombia

10 Fenomena Alam Terunik Di Dunia


Sungai ini berlokasi di Serrania di pegunungan Macarena. Area ini terletak di pedalaman dan hanya bisa dijangkau oleh kuda, keledai atau berjalan kaki.

Di dalamnya terdapat air terjun dengan air yang jernih dan dikelilingi oleh alga berwarna kemerahan.

Alga tersebut juga menghasilkan warna air yang berbeda karena tersusun dari alga biru, merah, hijau, hitam dan kuning. Tak ada satupun ikan yang tinggal di sungai ini karena kekompleksan warna dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Source

Related Posts

Post a Comment