Bukan Cinta yang Buat Hubungan Langgeng, Tapi Uang, Benarkah?


Los Angeles : Uang adalah perekat hubungan sepasang kekasih atau pasangan yang sudah menikah, bukan cinta. Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi jika Anda membaca penjelasan Neal Frankle, maka Anda akan percaya bahwa uang lebih penting daripada cinta.

Neal Frankle adalah pemilik situs keuangan pribadi yang didedikasikan untuk membantu banyak orang mengatasi masalah keuangannya dan sudah 27 tahun bergerak di bisnis layanan keuangan.

Frankel yang juga bersertifikat sebagai perencana keuangan mengungkapkan beberapa alasan kenapa uang lebih penting daripada cinta dalam sebuah hubungan. Dia juga menjelaskan beberapa solusi keuangan rumah tangga seperti dilansir dari Business Insider, Senin (27/5/2013).

Memang, uang juga tak menjamin berhasilnya sebuah hubungan. Banyak uang juga bukan berarti Anda tak akan bercerai dengan pasangan. Uang yang dimaksud lebih pada bagaimana kesepakatan Anda dan pasangan dalam mengelola keuangan rumah tangga. Jika berhasil melakukannya, uang bisa membuat hubungan Anda dengan pasangan semakin harmonis.

Tanpa kesepakatan soal tujuan, tata nilai, sikap dan tindakan keuangan, hubungan Anda akan segera berakhir. Anda akan saling menyalahkan dan hidup menyedihkan. Hal ini bisa memakan waktu berminggu-minggu bahkan hingga bertahun-tahun untuk pulih, dan bisa terjadi kapan saja.

Bukan Cinta yang Buat Hubungan Langgeng, Tapi Uang, Benarkah?

Jika Anda dan pasangan Anda tak pernah membahas keuangan rumah tangga dengan jujur dan terbuka, maka hubungan Anda akan terganggu. Yang harus Anda lakukan adalah membuka lebar-lebar mata Anda dan pasangan pada kondisi keuangan saat itu dan segera menyusun tugas keuangan masing-masing.

Saat pertama menikah, Anda dan pasangan akan menemui banyak perbedaan baik jumlah pendapatan, sumbangan maupun pengeluaran. Mulailah membagi sumber-sumber keuangan yang Anda dan tanggung jawab masing-masing dalam mengelola uang rumah tangga. Masing-masing juga bisa memeriksa rekening pasangannya.

Ketidakcocokan pengaturan uang biasanya tak selesai sampai di sana. Wanita cenderung menghabiskan uang lebih banyak daripada pria. Baiknya, tetap katakan dengan jujur apa yang Anda rasakan soal pasangan Anda. Duduklah dan simak baik-baik keinginan masing-masing. Buatlah kesepakatan dan terapkan bersama-sama.

Bagi waktu untuk benar-benar mendengarkan apa yang pasangan Anda rasakan soal uang. Pada saat menyimak, pikirkan apa yang benar dari perkataannya, bukan berpikir bagaimana menyanggah kata-katanya nanti. Pastikan suami atau istri Anda melakukan hal yang sama. Jika pasangan Anda tak mau melakukan hal tersebut, pikirkan baik-baik untuk terus hidup bersamanya.

Jadi yang dimaksud dengan uang lebih penting dari cinta adalah saat sebuah hubungan menjadi tidak harmonis karena masing-masing menjalankan ego finansialnya sendiri. Cinta akan segera tenggelam karena masalah keuangan rumah tangga. Bahkan ketidaksamaan persepsi soal uang, bisa membuat Anda bertengkar dan lupa pada cinta.

Banyak yang dipertaruhkan saat bicara soal uang dan suatu hubungan. Selama Anda tak sejalan soal uang, hubungan Anda tetap berisiko tak peduli seberapa besar cinta Anda pada pasangan.

Uang sendiri merupakan simbol keamanan dan kebahagiaan. Karena dalam beberapa kasus, uang bisa memberikan keduanya.

Related Posts

Post a Comment